HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN KECERDASAN EMOSI (EMOTIONAL INTELLIGENCE) DENGAN TINGKAT KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Mar Atus Solihah, Mar (2016) HUBUNGAN RELIGIUSITAS DAN KECERDASAN EMOSI (EMOTIONAL INTELLIGENCE) DENGAN TINGKAT KEJENUHAN (BURNOUT) BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan kecerdasan emosi (emotional intelligence) dengan kejenuhan (burnout) belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta sebanyak 285 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah 155 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah skala psikologi. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,862 untuk kejenuhan belajar, sebesar 0,844 untuk religiusitas, dan sebesar 0,794 untuk kecerdasan emosi. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi untuk mencari korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif dan signifikan antara religiusitas dengan kejenuhan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta, besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi parsial sebesar -0,571 dengan signifikansi p=0.000<0.05, maka Ha diterima. Serta ada hubungan negatif dan signifikan antara kecerdasan emosi kejenuhan (bunrout) belajar, besarnya hubungan dilihat dari nilai harga korelasi parsial sebesar -0,491 dengan signifikansi p=0.000<0.05, maka Ha diterima. Terdapat hubungan yang signifikan antara religiusitas dan kecerdasan emosi secara bersama-sama dengan kejenuhan belajar yang ditunjukkan dengan nilai F_hitung 106.503 dengan taraf signifikansi sebesar p=0.000< 0.05. Religiusitas dan kecerdasan emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 58,4 % terhadap kejenuhan belajar. Kata kunci: religiusitas, kecerdasan emosi, kejenuhan belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 31 May 2016 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 09:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33581

Actions (login required)

View Item View Item