PENGGUNAAN METODE KOMBINASI EKSPOSITORI DAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM REM KELAS XI DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Syafrudin, - (2012) PENGGUNAAN METODE KOMBINASI EKSPOSITORI DAN DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM REM KELAS XI DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_USE_OF_COMBINATION_METHOD_OF_EXSPOSITORY_AND_DISCUSSION.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui proses penerapan metode kombinasi ekspositori dan diskusi dalam proses belajar mengajar; 2) mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode kombinasi ekspositori dan diskusi dalam kegiatan belajar mengajar; dan 3) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode kombinasi ekspositori dan diskusi pada teori sistem rem. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang pada prosesnya menerapkan metode kombinasi ekspositori dan diskusi. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI B 3 di SMK Perindustrian dengan jumlah 28 siswa. Sistematika pelaksanaan penelitian ini menerapkan tiga siklus. Siklus I didasarkan studi pendahuluan, penelitian dilakukan di kelas dengan menggunakan ekspositori dan diskusi dengan memberi pertanyaan tentang sistem rem dalam diskusi kelompok siswa. Pelaksanaan siklus II berdasarkan refleksi siklus I, pelaksanaan penelitian di kelas dilakukan dengan membuat kelompok diskusi yang lebih banyak. Pelaksanaan siklus III menampilkan media dalam pembelajaran teori sistem rem sebagai pendukung presentasi siswa dan mengaktifkan siswa dengan diskusi antar kelompok. Observasi dilaksanakan untuk merekam data aktivitas belajar siswa. Hasil belajar diukur menggunakan pretest dan postest pada tiap-tiap siklus. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini meliputi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama proses belajar-mengajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar positif. Pada siklus III aktivitas positif siswa muncul sebanyak 51,92% yang mengalami peningkatan 10,16% dibandingkan pada siklus I 41,76%. Berdasarkan nilai pretest dan postest, kenaikan prosentase siswa yang mendapatkan nilai 7,0 mengalami peningkatan 29% dari 55% pada siklus I menjadi 84% pada siklus III. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan dengan metode ekspositori dan diskusi telah memperlihatkan intensitas kenaikan partisipasi siswa dalam pembelajaran serta naiknya hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item