PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIC MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Choirun, Anwar (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIC MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Choirun Anwar 08502244013).pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIC MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh Choirun Anwar NIM. 08502244013 ABSTRAK Tujuan dari tugas akhir skripsi ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pneumatic dan mengetahui tingkat kelayakan pengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pneumatic siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Prosedur Penelitian memalui lima tahap pengembangan, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan penilaian. Kelima tahap tersebut disebut Daur Hidup Pengembangan Sistem Multimedia dalam Pendidikan. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan Macromedia Flash 8. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pneumatic berdasarkan pada uji validasi ahli media oleh dosen ahli media Fakultas Teknik UNY, guru mata pelajaran pneumatic Kompetensi Keahlian Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan dan pendapat siswa melaui angket. Hasil penelitian tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran pneumatic dinyatakan melalui pengujian ahli media, ahli materi dan pendapat siswa. Presentase penilaian yang dilakukan oleh ahli media yaitu dosen ahli media pembelajaran Fakultas Teknik UNY sebesar 80%, sehingga dapat diartikan bahwa pengembangan media pembelajaran pneumatic masuk dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran. Presentase penilaian ahli materi yaitu guru mata pelajaran pneumatic SMK Muhammadiyah Prambanan sebesar 89,23%. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa materi dalam pengembangan media pembelajaran pneumatic masuk dalam kategori sangat layak. Pendapat siswa selaku user mencapai 79,07%, sehingga masuk dalam kategori layak. Siswa dapat memahami materi dan tertarik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif pneumatic. Kata kunci : pneumatic, media pembelajaran, interaktif, dan kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 May 2016 06:39
Last Modified: 30 Jan 2019 09:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33578

Actions (login required)

View Item View Item