UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV B MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI GEDONGKIWO, YOGYAKARTA

Anggraini, Ana Tresia (2016) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV B MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI GEDONGKIWO, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ana Tresia Anggraini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas IVB SD Negeri Gedongkiwo. Indikator dalam penelitian ini yaitu rasa ingin tahu yang luas dan mendalam, memberikan banyak gagasan atau usulan terhadap suatu masalah, mempunyai daya imajinasi, serta orisinil dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Negeri Gedongkiwo berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IVB dalam pembelajaran IPS di SD Negeri Gedongkiwo. Pada pra tindakan persentase kreativitas siswa 58% termasuk kategori kurang, oleh karena itu diterapkan metode mind mapping. Pada siklus I persentase kreativitas siswa meningkat menjadi 64% termasuk kategori cukup. Namun hasil mind mapping siswa masih kurang maksimal. Pada siklus II dilakukan upaya perbaikan yaitu dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mencari tahu jawaban dari buku, memberikan reward, serta memberikan bimbingan dalam pembuatan mind mapping sehingga siswa dapat menggunakan lebih dari satu warna dan gambar. Berdasarkan hasil observasi kreativitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 81% termasuk dalam kategori baik. Hasil mind mapping siswa sudah tepat dan sesuai dengan langkah pembuatan mind mapping. Rata-rata setiap indikator pada semua siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan minimum (≥76%) dan penelitian dihentikan. Kata kunci: kreativitas siswa, metode mind mapping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 May 2016 06:39
Last Modified: 30 Jan 2019 09:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33577

Actions (login required)

View Item View Item