KONTRIBUSI KONSEP DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN OTOMOTIF TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMK N 2 PENGASIH

SUHATNO, SUHATNO (2016) KONTRIBUSI KONSEP DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN OTOMOTIF TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SUHATNO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

KONTRIBUSI KONSEP DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI KEJURUAN OTOMOTIF TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMK N 2 PENGASIH Oleh: SUHATNO 11504247013 ABSTRAK Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena variabel diukur dalam bentuk angka dan diolah dalam bentuk analisis statistik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi konsep diri siswa terhadap minat siswa kejuruan otomotif untuk berwirausaha siswa di SMKN 2 Pengasih, untuk mengetahui kontribusi lingkungan keluarga terhadap minat siswa kejuruan otomotif untuk berwirausaha siswa di SMKN 2 Pengasih, untuk mengetahui kontribusi prestasi belajar siswa kejuruan otomotif terhadap minat siswa untuk berwirausaha siswa di SMKN 2 Pengasih serta untuk mengetahui kontribusi konsep diri, lingkungan keluarga, dan prestasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap minat berwirausahan siswa di SMKN 2 Pengasih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMKN 2 Pengasih yang berjumlah 64 orang. Karena populasi dalam penelitian ini hanya sebanyak 64 siswa, maka peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan seluruh populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel konsep diri berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sumbangan efektif sebesar 21,1%, (2) Variabel lingkungan keluarga berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sumbangan efektif sebesar 16,8%, (3) Variabel prestasi belajar berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sumbangan efektif sebesar 10,4%, dan (4) Variabel konsep diri, lingkungan keluarga dan prestasi belajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKN 2 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sumbangan efektif sebesar 48,3%. Kata Kunci: konsep diri, lingkungan keluarga, prestasi belajar, minat berwirausaha

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 May 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 09:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33553

Actions (login required)

View Item View Item