PENGEMBANGAN JOB SHEET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIK TEKNIK PENGUKURAN KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Yuan, Rido Anggarta (2016) PENGEMBANGAN JOB SHEET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIK TEKNIK PENGUKURAN KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUAN RIDO_12503241050.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN JOB SHEET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PRAKTIK TEKNIK PENGUKURAN KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM Oleh: Yuan Rido Anggarta NIM. 12503241050 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengembangkan job sheet sebagai sumber belajar praktik teknik pengukuran kelas X Teknik Permesinan di SMK Muhammadiyah 1 Salam, 2) Mengetahui kelayakan job sheet teknik pengukuran kelas X Teknik Pemesinan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Metodologi penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Four-D Models oleh Thiagaradjan. Four-D Models terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1). Pendefinisian (Define), 2). Perancangan (Design), 3). Pengembangan (Develop), 4). Penyebaran (Dissaminate). Tahap Dissaminate tidak dilaksanakan karena lingkup peneltian yang sempit. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala Likert 4 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh seorang ahli evaluasi. Uji coba instrumen angket respon siswa dilakukan pada 30 responden diluar sampel penelitian. Dari 26 butir dinyatakan 24 butir valid dan 2 butir gugur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang dinyatakan valid dan reliabel pada 34 responden. Untuk mengetahui tingkat kelayakan job sheet, data hasil angket dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, diketahui bahwa: 1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan sumber belajar sesuai dengan silabus yaitu job sheet teknik pengukuran yang terdiri dari 10 kegiatan praktik. 2) Tingkat kelayakan job sheet diketahui dari hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan hasil respon siswa. Hasil validasi ahli materi yang meliputi aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan manfaat mencapai rata-rata nilai 85.5 dengan persentase 85.5% pada kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media yang meliputi aspek tampilan, kemudahan penggunaan, konsistensi, format, dan kegrafikan mencapai rata-rata nilai 71.5 dengan persentase 81% pada kategori “sangat layak”. Berdasarkan respon siswa memperoleh nilai rata-rata 78.65 dengan persentase 82% pada kategori “sangat layak”. Kata kunci: penelitian, pengembangan, job sheet, Teknik Pengukuran/Alat ukur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 May 2016 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 09:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33544

Actions (login required)

View Item View Item