KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK PIRI I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Eka, Muridinata (2016) KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK PIRI I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Eka Muridinata.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK PIRI I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: Eka Muridinata NIM. 12504247002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar (2) kontribusi disiplin belajar terhadap prestasi belajar (3) kontribusi persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif SMK PIRI I Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Jumlah populasi sebesar 117 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variable persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan disiplin belajar. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar siswa yaitu dari nilai UAS (Ujian Akhir Semester). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai r 2 sebesar 0,222 yang berarti persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran berkontribusi sebesar 22,2% terhadap prestasi belajar (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan antara disiplin belajar dan prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai r 2 sebesar 0,427 yang berarti disiplin belajar berkontribusi sebesar 42,7% terhadap prestasi belajar (3) terdapat kontribusi positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai R 2 sebesar 0,471 yang berarti persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan disiplin belajar dapat memberikan kontribusi prestasi belajar sebesar 47,1%. Kata kunci: persepsi siswa, disiplin belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 May 2016 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 09:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33540

Actions (login required)

View Item View Item