SUSENO HADI, PURWANTO (2011) APLIKASI SISTEM BAHAN BAKAR PADA MESIN DAIHATSU CLASSY TIPE G102 VARIANT SG 1.300 DENGAN SISTEM EFI MENGGUNAKAN ECU TOYOTA SOLUNA SERI 5A-FE. [Experiment/Research] (Submitted)
|
Text
FUEL_SYSTEM_APPLICATIONS_IN_THE_MACHINE_OF_DAIHATSU_CLASSY__G102_VARIANT_SG_1.300_TYPE_WITH_EFI_SYSTEMS_USING_ECU_TOYOTA_SOLUNA_5A-FE_SERIES.pdf Download (59kB) | Preview |
Abstract
Aplikasi sistem bahan bakar EFI dilakukan pada engine stand Daihatsu Classy, bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan aplikasi sistem bahan bakar EFI, menentukan komponen-komponen yang diperlukan dan mengetahui kinerja mesin setelah dilakukan proses aplikasi. Proses aplikasi sistem bahan bakar EFI dimulai dengan menentukan konsep aplikasi menggunakan model penginjeksian D-Jetronic. Konsep aplikasi diuraikan menjadi beberapa tahap, yakni identifikasi komponen, proses rancangan, analisis kebutuhan alat dan bahan, proses aplikasi dan pengujian. Identifikasi komponen dilakukan untuk menentukan jenis komponen yang akan digunakan dalam proses aplikasi karena dalam proses aplikasi ini menggunakan komponen bekas, dilanjutkan dengan proses rancangan penataan komponen, wiring diagram, setelah itu menentukan peralatan dan bahan yang akan digunakan dalam proses aplikasi. Proses aplikasi dilakukan dengan melakukan persiapan, pemasangan pompa bahan bakar tipe in-tank pada tangki yang telah dibuat dudukan pompa, pemasangan filter bahan bakar, pemasangan unit injektor, regulator, kemudian aplikasi wiring diagram pada engine stand yang mengacu pada buku pedoman reparasi mesin 5A-FE Soluna. Selanjutnya proses pengujian komponen sistem bahan bakar dan kinerja mesin, pengujian dilakukan di bengkel Otomotif FT UNY. Kesimpulan dari aplikasi sistem bahan bakar EFI adalah pertama, rancangan penataan komponen, penataan rangkaian kelistrikan, rancangan pengujian dan rancangan dudukan pompa bahan bakar. Kedua proses pengerjaan aplikasi sistem bahan bakar EFI yaitu, pemasangan unit injektor, regulator, membuat dudukan pompa pada tangki bahan bakar, pemasangan pompa bahan bakar dan aplikasi wiring diagram pada engine stand. Ketiga kinerja sistem bahan bakar EFI, sistem bahan bakar dapat bekerja dengan baik hal tersebut diketahui dari hasil pengujian yang sudah dilakukan. Ada kelemahan yaitu pada emisi gas buang melebihi ambang batas.
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 08 Aug 2012 18:00 |
Last Modified: | 08 Aug 2012 18:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3354 |
Actions (login required)
View Item |