PENGGUNAAN APLIKASI PYWARE 3D INTERACTIVE UNTUK MEMPERMUDAH PENATAAN DESAIN LANTAI PADA PROSES PEMBELAJARAN LATIHAN TARI PENYALAAN API SEMANGAT DALAM PEMBUKAAN POMNAS XIII 2013

Iwan Mustofah, Iwan (2016) PENGGUNAAN APLIKASI PYWARE 3D INTERACTIVE UNTUK MEMPERMUDAH PENATAAN DESAIN LANTAI PADA PROSES PEMBELAJARAN LATIHAN TARI PENYALAAN API SEMANGAT DALAM PEMBUKAAN POMNAS XIII 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Iwan Mustofah 08209241026.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penggunaan aplikasi Pyware 3D Interactive untuk mempermudah perancangan dan penataan desain lantai pada proses latihan tari kolosal Penyalaan Api Semangat dalam pembukaan POMNAS XIII 2013 di Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan. Subjek penelitian ini adalah seluruh pendukung pertunjukan tari kolosal Penyalaan Api Semangat yang terdiri dari penari, penata tari, dan ahli bidang seni. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta bulan November 2013 - Januari 2014. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut.1) Perancangan dan penataan desain lantai tari kolosal menggunakan aplikasi Pyware 3D Interactive menjadikan pelaksanaan proses latihan tari menjadi efisien dan efektif. Desain lantai tertata dengan rapi serta proses latihan memakan waktu dan tenaga yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan proses latihan yang pada umumnya menggunakan metode konvensional. 2) Berdasarkan hasil wawancara dengan penari, penata tari, dan ahli bidang tari, penggunaan aplikasi Pyware 3D Interactive merupakan hal baru yang diterapkan di bidang tari. Penggunaan aplikasi ini sangat mempermudah proses latihan. Penari lebih mudah memahami pola dan tempat karena masing-masing penari telah memiliki catatan sebagai patokan pola lantai yang telah dibuat sehingga alur perpindahan tidak bertabrakan. Penata tari tidak perlu terjun langsung dan menjelaskan satu per satu kepada penari. Dengan rancangan desain lantai menggunakan aplikasi Pyware 3D Interactive ini ide penata dapat tertuangkan dengan baik dan hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan oleh penari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pyware 3D Interactive, proses latihan tari kolosal Penyalaan Api Semangat POMNAS XIII 2013, POMNAS XIII 2013.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 30 May 2016 06:30
Last Modified: 30 Jan 2019 09:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33523

Actions (login required)

View Item View Item