PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INVENTOR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Nur, Hasan Achmad (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INVENTOR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nur Hasan Achmad_12503241003.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INVENTOR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh: Nur Hasan Achmad NIM. 12503241003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan modul pembelajaran Autodesk Inventor mata diklat CAD untuk siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Bantul, 2) Mendeskripsikan kelayakan modul pembelajaran Autodesk Inventor di SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebagai media pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan pendekatan Reseach and Development (R&D) dengan prosedur penelitian yang mengadaptasi model Dick and Carey. Tahapantahapan dari penelitian Dick and Carey yang telah dimodifikasi yaitu 1)analisis kebutuhan produk, 2) pengembangan produk, 3) validasi dan evaluasi, 4) produk akhir. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala Likert 4 pilihan jawaban. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media serta guru pengampu mata diklat untuk menilai kelayakan modul. Peserta didik juga dilibatkan untuk mendapatkan respon kelayakan modul oleh peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah stastistik deskriptif. Hasil penilaian tingkat kelayakan modul yang dilakukan oleh ahli materi didapatkan nilai persentase sebesar 78,25% (sangat layak). Sedangkan oleh ahli media didapatkan nilai persentase sebesar 85,56% (sangat layak). Respon keterbacaan modul oleh peserta didik didapatkan nilai persentase sebesar 85,99% (sangat layak). Berdasarkan data tersebut, modul pembelajaran Inventor layak dan sesuai untuk digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Kata Kunci: pengembangan, modul pembelajaran autodesk inventor, contextual teaching and learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 09:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33519

Actions (login required)

View Item View Item