HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Mahatva, Jiwandono (2016) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MAHATVA JIWANDONO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU STATIKA DAN TEGANGAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN Oleh: Mahatva Jiwandono NIM. 08505241007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan mata pelajaran Matematika dengan prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto. Populasi diambil siswa kelas X program studi teknik bangunan tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 41 siswa. Pengumpulan data variabel prestasi belajar mata pelajaran Matematika menggunakan dokumentasi nilai raport semester 1 sedangkan teknik pengumpulan data untuk variabel prestasi belajar Ilmu Statika dan Tegangan menggunakan dokumentasi nilai raport semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi Product Moment, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan yang signifikan antara mata pelajaran matematika dengan prestasi belajar ilmu statika dan tegangan siswa program studi Teknik Bangunan SMK N 1 Pajangan, dengan dibuktikan koefisien korelasi r hitung >r (0,438>0,308). Koefisien tersebut menggambarkan bahwa variabel prestasi belajar mata pelajaran matematika memberikan sumbangan efektif sebesar 19% terhadap prestasi belajar ilmu statika dan tegangan, selebihnya ditentukan oleh variabel yang lain. tabel Kata kunci : Prestasi Belajar, Afektif, Kognitif, Psikomotorik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 09:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33515

Actions (login required)

View Item View Item