Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Eksploratif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMA Kelas X

Dhiantika, Asteria (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Eksploratif Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMA Kelas X. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) menghasilkan LKPD Eksploratif berbasis Problem Based Learning yang layak untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan memecahkan masalah peserta didik SMA kelas X; (2) mengetahui besar peningkatan penguasaan konsep fisika materi kalor pada peserta didik yang menggunakan LKPD Eksploratif berbasis Problem Based Learning hasil pengembangan; (3) mengetahui besar peningkatan keterampilan memecahkan masalah peserta didik yang belajar menggunakan LKPD Eksploratif berbasis Problem Based Learning hasil pengembangan; (4) mengetahui adanya perbedaan peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan memecahan masalah antara peserta didik yang menggunakan LKPD Eksploratif berbasis Problem Based Learning dengan LKPD Konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Four D Models (4-D) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu : (1) tahap pendefinisian (define); (2) tahap perencanaan (design); (3) tahap pengembangan (develop); dan (4) tahap diseminasi (disseminate). Penilaian LKPD Eksploratif diperoleh dari hasil validasi dosen ahli, validasi guru fisika, uji lapangan terbatas, dan uji lapangan operasional. Data hasil peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan memecahkan masalah diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Data hasil peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan memecahkan masalah oleh peserta didik yang menggunakan LKPD Eksploratif terhadap peserta didik yang menggunakan LKPD Konvensional dianalisis menggunakan manova. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa : (1) LKPD Eksploratif Berbasis Problem Based Learning layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada materi kalor pada peserta didik SMA kelas X; (2) penguasaan konsep fisika materi kalor pada peserta didik yang menggunakan LKPD Eksploratif berbasis Problem Based Learning hasil pengembangan mengalami peningkatan dengan standar gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi; (3) keterampilan memecahkan masalah peserta didik yang menggunakan LKPD Eksploratif berbasis Problem Based Learning hasil pengembangan mengalami peningkatan dengan standar gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi; (4) ada perbedaan peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan memecahan masalah antara peserta didik yang menggunakan LKPD Eksploratif dan LKPD Konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD Eksploratif, Penguasaan Konsep, Keterampilan Memecahkan Masalah, Problem Based Learning.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:48
Last Modified: 06 Mar 2019 00:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33509

Actions (login required)

View Item View Item