LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN (Prawatan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah) 10 Agustus – 12 September 2015

Dea Ayu Pramita, Dea Ayu Pramita (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN (Prawatan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah) 10 Agustus – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Sosiologi - Dea Ayu Pramita (12413241049).pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu sarana untuk melatih para mahasiswa untuk menjadi seorang guru yang profesional di kemudian hari. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama kuliah dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih serta mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Mahasiswa dibimbing oleh guru pembimbing, melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasai atau sesuai dengan program studi masing-masing. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMA Negeri 1 Jogonalan yang beralamat di Jalan Raya Klaten-Jogja KM 7/23 Prawatan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMAN 1 Jogonalan, praktikan mengajarkan materi Sosiologi kelas XI semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 1 Jogonalan yang dimulai dari tanggal 10 Agustus – 12 September 2015, namun mahasiswa mulai mengajar dari tanggal 18 Agustus – 11 September 2015. Manfaat dari kegiatan mengajar ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Jogonalan, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Mahasiswa melakukan praktek mengajar dikelas setiap hari Senin jam ke-3 – 6, hari Selasa jam ke-5 dan 6, dan hari Kamis jam ke-3 dan 4. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, Sosiologi, SMAN 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 May 2016 03:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33507

Actions (login required)

View Item View Item