LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) DISMA NEGERI 1 JOGONALAN

Ayuk Restiani, Ayuk Restiani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) DISMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Geografi - AYUK RESTIANI (12405241004).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada dasarnya dapat memberikan life skill bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. PPL di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Jogonalan merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Pelaksanaan program PPL dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Pelaksanaan program diisi dengan observasi kelas, konsultasi, pembuatan administrasi guru (perhitungan minggu efektif, membuat daftar hadir, membuat program tahunan, membuat program semester, membuat silabus, membuat RPP, membuat materi ajar dan membuat media pembelajaran, praktik mengajar dan evaluasi. Praktikan mengampu matapelajaran Geografi mendapat tugas mengajar di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 dan XI IPS 4 dengan total jam pertemuan di kelas adalah 20 jam. Evaluasi meliputi pembuatan soal post-test dan soal ulangan harian untuk siswa. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Program yang diselenggarakan pada kegiatan PPL disusun untuk meningkatkan proses pengajaran dan proses belajar siswa. Selain itu, juga untuk melatih praktikan sebelum terjun ke lapangan kerja nantinya. Dengan demikian, praktikan memiliki keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan input dan output yang baik pula.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2015, SMA N 1 Jogonalan, Geografi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 May 2016 02:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33504

Actions (login required)

View Item View Item