LAPORAN PRATIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN , KLATEN JAWA TENGAH

PUJI ASTUTI, PUJI ASTUTI (2015) LAPORAN PRATIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN , KLATEN JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Ekonomi -PUJI-ASTUTI (12804241054).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah bagian penting dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru profesional. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan secara terstruktur.dan merupakan beban belajar tersendiri yang dilaksanakan secara blok sesudah ujian akhir semester perkuliahan tatap muka, mempunyai misi sebagai wahana pembentukan dan peningkatan kemampuan keprofesionalan. Praktik Pengalaman Lapangan memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan keterampilan dibidang keguruan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, serta upaya untuk membentuk sikap dan keterampilan sebagai calon guru yang profesional Program PPL di SMA Negeri 1 Jogonalan, dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Praktikan diterjunkan untuk mengajar di kelas XC dan XE. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Jogonalan meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran RPP, materi pembelajaran, dan media pembelajaran serta perangkat evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, membantu administrasi supervisi ,dan lain-lain. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Jogonalan pada bulan Agustus-September dapat di ambil makna bahwa praktik pengalaman lapangan merupakan wahana yang tepat bagi mahasiswa calon guru untuk dapat mempraktikkan ilmu yang didapat dari kampus. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untu memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang kompeten dalam bidang masing-masing. Praktik pengalaman lapangan merupakan pengembangan dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, program, SMA Negeri 1 Jogonalan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 May 2016 02:47
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33502

Actions (login required)

View Item View Item