LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN JAWA TENGAH

Mega Utami Kusumawati, Mega Utami Kusumawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Biologi -Mega Utami Kusumawati (12304241029).pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Pengembangan pengalaman mengajar sangat diperlukan sebagai calon pendidik. Hal tersebut yang melatarbelakangi diwajibkannya mahasiswa untuk menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). SMA Negeri 1 Jogonalan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dijadikan tempat/sasaran PPL UNY pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Praktik pengalaman mengajar praktikan ini dilaksanakan pada kelas XI IPA 1, XI IPA 2 XI IPA 3, dan XI IPA 4. Dalam pelaksanaan praktik pengalaman lapangan ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas dilakukan secara mandiri, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran RPP, media pembelajaran, prota, promes, rincian minggu efektif serta perangkat evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket lobby harian, piket basecamp, piket perpustakaan, penataan laboratorium biologi, upacara bendera hari senin, upacara HUT Kemerdekaan RI, upacara hari pramuka, diskusi/rapat kelompok, pembaharuan struktur sekolah, penadampingan malam bina iman dan taqwa, dan pendampingan rapat komite. Materi biologi yang diajarkan untuk kelas XI IPA semester satu yaitu materi transport mebran sel (transport aktif dan aktif), struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, dan struktur dan fungsi organ tumbuhan. Praktik pengalaman lapangan merupakan sarana untuk pengembangan dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang kompeten dalam bidang masing-masing. Pada praktek mengajar praktikan mendapatkan pengalaman mengajar di dalam kelas yaitu pengalaman mengelola kelas, mengelolan waktu pembelajaran, dan cara memotivasi siswa. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar. Keberhasilan pelaksanaan program yang telah dilaksanakan ini dikarenakan koordinasi yang baik antara sekolah dengan mahasiswa PPL UNY 2015 dan antar Mahasiswa PPL UNY 2015, lalu adanya motivasi dari guru maupun dosen pembimbimg lapangan, guru – guru mata pelajaran dan teman-teman satu tim sehingga mengantarkan keterlaksanaan seluruh program PPL UNY Tahun 2015 di SMA Negeri 1 Jogonalan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Biologi, SMA N 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 May 2016 02:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33500

Actions (login required)

View Item View Item