LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN, JAWA TENGAH

Khanif Wahyu Priyambada, Khanif Wahyu Priyambada (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN, JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Bhs Jerman - Khanif Wahyu Priyambada (12203244016).pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa UNY yang mengambil jurusan kependidikan. PPL memiliki bobot 3 SKS. Program PPL adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. SMA N 1 Jogonalan, Klaten menjadi salah satu lokasi pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015. Di sekolah ini, mata pelajaran bahasa Jerman hanya diajarkan pada kelas X. Sehingga materi yang diajarkan masih seputar sich vorstelen atau perkenalan dan pengenalan kata kerja dalam bahasa Jerman. Pengajaran dilakukan 2 kali dalam seminggu yakni setiap hari Senin dan Jumat. Alokasi waktu untuk mata pelajaran bahasa Jerman adalah 1 x 45 menit untuk satu minggu pada setiap kelas. Pelaksanaan PPL dimulai pada tanggal 10 Agustus 2015 hingga tanggal 12 September 2015. Selama satu bulan, praktikan dapat melaksanakan kegiatan mengajar sebanyak enam kali. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, penugasan, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain video, power point serta penggunaan kertas tempel. Hal ini untuk memotivasi para siswa agar tidak bosan dan lebih bersemangat mempelajari bahasa Jerman. Berbekal pengalaman yang diperoleh dari PPL tersebut, mahasiswa akan lebih siap ketika suatu saat nanti terjun didunia kependidikan. Baik dalam menyampaikan materi pelajaran untuk para siswa maupun pengalaman untuk mengarungi kehidupan persekolahan. Seperti pada umumnya, sebuah proses tentu akan menemui hambatan dan rintangan. Namun dengan komunikasi yang baik antara mahasiswa dengan dosen, guru pembimbing maupun teman-teman PPL, maka praktikan selalu mendapat solusi dari masalah-masalah yang datang tersebut. Dengan adanya program ini, mahasiswa diharapkan dapat menuangkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah untuk ditularkan kepada para siswa sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Jogonalan, Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 May 2016 02:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33498

Actions (login required)

View Item View Item