LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN

Gemilang Mikawati, Gemilang Mikawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Bhs Jerman - Gemilang Mikawati (12203241019).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan perguruan tinggi yang mencetak tenaga pendidik yang handal dan profesional. Dalam rangka mencetak tenaga kependidikan yang handal dan profesional adalah melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Pengembangan pengalaman mengajar sangat diperlukan sebagai calon pendidik. Maka dari itu dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah untuk melatih dan mengembangkan keterampilan mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang terdiri dari mengajar, mempersiapkan materi dan media pembelajaran, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan manajemen pengelolaan kelas. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan mahasiswa lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. Terkait dengan kurikulum baru, mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jerman diberi kesempatan oleh guru pembimbing di SMA N 1 Jogonalan untuk mengajar kelas X. SMA N 1 Jogonalan terdiri dari 8 kelas X, yaitu kelas XA - XH. Pengajaran berlangsung satu bulan yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Penggunaan media pengajaran yang modern bertujuan untuk memotivasi siswa agar lebih tertarik dalam belajar bahasa Jerman. Pengajaran dilakukan 2 kali dalam seminggu yakni setiap hari senin dan jum’at selama satu bulan. Materi yang diajarkan berupa materi dasar Perkenalan, Konjugasi dan Pengenalan kata kerja dalam bahasa Jerman. Praktik mengajar yang berlangsung selama satu bulan ini memberikan banyak manfaat yang belum pernah di dapat oleh mahasiswa selama di bangku perkuliahan. mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar di dalam kelas, pengalaman dalam mempersiapkan materi dan media pembelajaran, belajar mengendalikan situasi dan kondisi kelas dan belajar bagaimana cara memotivasi siswa dengan baik. Berbagai manfaat tersebut dapat menjadi bekal mahasiswa kelak ketika terjun di dunia kependidikan yang nyata. Pengalaman tersebut merupakan bentuk keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan materi-materi maupun argumentasi di dalam kelas. Dalam pelaksanaan program tersebut tentu tidak terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya motivasi dari guru pembimbing lapangan, dosen pembimbing lapangan, guru-guru lain dan teman-teman satu tim dan dengan kerjasama yang baik maka semua hambatan bisa teratasi. Selain itu, program ini juga diharapkan mampu bermanfaat bagi pihak sekolah maupun mahasiswa khususnya praktikan guna mengembangkan kompetensinya sebagai calon pendidik di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 May 2016 02:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33496

Actions (login required)

View Item View Item