LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN

Dewi Futhiawati, Dewi Futhiawati (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pend. Bhs Jerman - Dewi Futhiawati (12203241015).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai calon pendidik diperlukan pengembangan pengajaran sebagai bekal untuk masa mendatang. Maka dari itu dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan mengajar. Dengan diwajibkannya menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. SMA N 1 Jogonalan, Klaten menjadi salah satu pilihan pelaksanaanprogram PPL pada semester khusus tahun 2015. Dengan adanya pembaharuan kurikulum, yaitu kurikulum 2013, bahasa Jerman hanya diajarkan untuk kelas X SMA N 1 Jogonalan. Pengajaran dasar dan sederhana diajarkan pada kelas X SMA N 1 Jogonalan yang meliputi kelas X.A-X.H. Pengajaran berlangsung satu bulan yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Penggunaan media pengajaran yang modern bertujuan untuk memotivasi siswa agar lebih tertarik dalam belajar bahasa Jerman. Pengajaran dilakukan 2 kali dalam seminggu yakni setiap hari senin dan jum’at selama satu bulan. Materi yang diajarkan untuk kelas X yaitu materi dasar Perkenalan, Konjugasi dan Pengenalan kata kerja dalam bahasa Jerman. Praktik mengajar yang berlangsung selama satu bulan ini memberikan banyak manfaat yang belum pernah di dapat oleh praktikan selama di bangku perkuliahan.Praktikan mendaptkan pengalaman mengajar di dalam kelas, tindakan kelas dan cara memotivasi siswa dengan baik. Berbagai manfaat tersebut dapat menjadi bekal praktikan kelak ketika terjun didunia kependidikan. Pengalaman tersebut merupakan bentuk ketrampilan mahasiswa menyampaikan materi-materi maupun argumentasi di dalam kelas. Dalam pelaksanaan program tersebut tentu tidak terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya motivasi dari guru pembimbimg lapangan, dosen pembimbing lapangan, guru lain dan teman-teman satu tim dengan kerjasama yang baik maka semua hambatan teratasi. Selain itu, program ini juga diharapkan mampu bermanfaat bagi pihak sekolah maupun mahasiswa khususnya praktikan guna mengembangkan kompetensinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 May 2016 02:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33490

Actions (login required)

View Item View Item