EFEKTIVITAS E-PORTOFOLIO MENGGUNAKAN EDMODO TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON

Utami, Nika Resti (2016) EFEKTIVITAS E-PORTOFOLIO MENGGUNAKAN EDMODO TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Nika Resti Utami 11520241063.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS E-PORTOFOLIO MENGGUNAKAN EDMODO TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 2 SEWON Oleh: Nika Resti Utami NIM. 11520241063 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keaktifan siswa yang memanfaatkan e-portofolio menggunakan Edmodo dan portofolio berbasis kertas; (2) mengetahui hasil belajar siswa yang memanfaatkan e-portofolio menggunakan Edmodo dan portofolio berbasis kertas; dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memanfaatkan e-portofolio menggunakan Edmodo dan portofolio berbasis kertas. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK N 2 Sewon sebanyak 65 siswa. Instrumen penelitian berupa soal tes, lembar penilaian unjuk kerja dan lembar observasi keaktifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keaktifan siswa yang memanfaatkan e-portofolio menggunakan Edmodo lebih tinggi daripada portofolio berbasis kertas. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t yaitu t-hitung lebih besar dari t-tabel pada ketiga pertemuan. Nilai t-hitung untuk pertemuan 1, pertemuan 2 dan pertemuan 3 adalah 3,350; 4,274 dan 3,626 sedangkan t-tabel adalah 1,669. (2) Hasil belajar siswa yang memanfaatkan e-portofolio menggunakan Edmodo lebih tinggi daripada portofolio berbasis kertas. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 2,278 > 1,669 pada posttest dan 3,739 > 1,695 pada penilaian unjuk kerja. (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang memanfaatkan e-portofolio menggunakan Edmodo dengan portofolio berbasis kertas. Hal ini dibuktikan dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 2,278 > 1,998 pada posttest dan 3,739 > 2,0385 pada penilaian unjuk kerja. Efektivitas e-portofolio menggunakan Edmodo diketahui dari hasil uji-t perbedaan hasil belajar dan uji N gain yaitu nilai N gain kelompok eksperimen sebesar 0,38 (sedang) dan kelompok kontrol sebesar 0,16 (rendah). Kata Kunci: E-portofolio, Edmodo, Keaktifan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 02:01
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33489

Actions (login required)

View Item View Item