PENING KATAN KOMPETENSI SISWA D ALAM MATA PELAJ ARAN PEMB UATAN RANGKAIAN PENG END ALI DASAR MELALUI METOD E PEMB ELAJ AR AN KOOPER ATIF D I SMK MAAR IF 1 WATES

Agus, Purwanto (2016) PENING KATAN KOMPETENSI SISWA D ALAM MATA PELAJ ARAN PEMB UATAN RANGKAIAN PENG END ALI DASAR MELALUI METOD E PEMB ELAJ AR AN KOOPER ATIF D I SMK MAAR IF 1 WATES. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
agus p.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENING KATAN KOMPETENSI SISWA D ALAM MATA PELAJ ARAN PEMB UATAN RANGKAIAN PENG END ALI DASAR MELALUI METOD E PEMB ELAJ AR AN KOOPER ATIF D I SMK MAAR IF 1 WATES Oleh: Agus Purwanto 08501241027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo pada Mata Pelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari enam kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan hasil pretest, postest serta lembar kegiatan siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif, yaitu dengan cara mereduksi data, mendiskripsiskan data dan menyimpulkan hasil deskripsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif teknik STAD dan Media Pembelajaran Trainer kendali elektronik dapat meningkatkan kompetensi siswa, ditunjukkan dengan meningkatnya tiga aspek, yaitu aspek kognitif yang diketahui dari peningkatan hasil pretest siklus I nilai rata-rata 6,58 meningkat menjadi 7,37 pada siklus II, sedangkan hasil postest siklus I nilai rata-rata 7,72 meningkat menjadi 8,08 pada siklus II. Aspek afektif yang diketahui dari peningkatan afektif siswa pada saat mengikuti proses kegiatan belajar, peningkatan dapat ditunjukkan dari persentase rata-rata afektif siswa pada siklus I pertemuan pertama 55,11% pada pertemuan kedua meningkat menjadi 67,07%, dan pada pertemuan ketiga meningkat menjadi 85,21%. afektif rata-rata siswa pada siklus II pertemuan pertama 73,79% pada pertemuan kedua meningkat menjadi 83,89% dan dipertemuan ketiga meningkat menjadi 91.07%. Aspek psikomotorik yang diketahui dari peningkatan hasil nilai lembar kegiatan siswa pada siklus I pertemuan ketiga menunjukan nilai rata-rata 88,97 dan meningkat menjadi 94,45 pada pertemuan kedua siklus II. Kata kunci : kompetensi, pembelajaran kooperatif, STAD, aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. v

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33487

Actions (login required)

View Item View Item