PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS5 MATERI PENGGUNAAN ALAT UKUR UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Ady, Sutoro (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS5 MATERI PENGGUNAAN ALAT UKUR UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ady suyoro.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS5 MATERI PENGGUNAAN ALAT UKUR UNTUK SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 2 PENGASIH Oleh: Ady Sutoro NIM. 12503244008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan produk media pembelajaran materi penggunaan alat ukur berbasis Adobe Flash CS5 untuk siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Pengasih yang tepat sebagai sumber belajar, dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran materi penggunaan alat ukur berbasis Adobe Flash CS5 untuk siswa Kelas X. Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg dan Gall yang dibatasi sampai langkah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup menggunakan skala Likert dengan 4 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh seorang ahli evaluasi, kemudian digunakan oleh ahli materi dan ahli media untuk memvalidasi media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 materi penggunaan alat ukur dan uji coba lapangan oleh siswa Kelas X. Media pembelajaran materi penggunaan alat ukur berbasis Adobe Flash CS5 telah dihasilkan untuk siswa kelas X di SMK Negeri 2 Pengasih. Produk ini dihasilkan dengan 6 langkah, yaitu: (1) Analisis kebutuhan; (2) Perencanaan; (3) Pengembangan draft; (4) Validasi dan uji coba; (5) Revisi; dan (6) Uji coba lapangan. Media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS5 materi penggunaan alat ukur untuk siswa Kelas X dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar di SMK Negeri 2 Pengasih. Tingkat kelayakan media pembelajaran didapat berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,58 dan persentase 90% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi guru mata pelajaran teknologi mekanik diperoleh skor rata-rata 3,58 dan persentase 90% dengan kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 3,31 dan persentase 83% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: media pembelajaran, adobe flash, alat ukur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33486

Actions (login required)

View Item View Item