HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN KEGIATAN DALAM ORGANISASI DI KAMPUS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL CALON GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Zulfikar, Muhammad Irkham (2015) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN KEGIATAN DALAM ORGANISASI DI KAMPUS DENGAN KOMPETENSI SOSIAL CALON GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD IRKHAM ZULFIKAR 11505241024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keaktifan kegiatan mahasiswa dalam organisasi memiliki peran serta dalam menumbuhkan kompetensi sosial mahasiswa calon guru Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (JPBJ FBS UNY). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan kegiatan dalam organisasi di kampus dengan kompetensi sosial calon guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan kompetensi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY sebanyak 248 mahasiswa dengan jumlah sampel 150 responden yang dihitung dengan tabel Krejcie-Morgan. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi sosial mahasiswa JPBJ FBS UNY berada pada kategori baik dengan ditunjukkan reratanya 3,04 (skala 4), (2) keaktifan kegiatan di kampus pada mahasiswa JPBJ FBS UNY berada pada kategori cukup aktif dengan ditunjukkan reratanya 2,52 (skala 4), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keaktifan kegiatan dalam organisasi di kampus dengan kompetensi sosial calon guru pada mahasiswa JPBJ FBS UNY, nilai probabilitas p<0,05, koefisien determinan 10,5% sedangkan 89,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Keaktifan Kegiatan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:46
Last Modified: 05 Mar 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33485

Actions (login required)

View Item View Item