EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENEMUAN BERBANTUAN MEDIA APLIKASI LIVEWI RE UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN ELEMEN ASIF DALAM RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH SISWA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Weningsih, Pancawati (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENEMUAN BERBANTUAN MEDIA APLIKASI LIVEWI RE UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN ELEMEN ASIF DALAM RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH SISWA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
12501244030_Weningsih Pancawati.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENEMUAN BERBANTUAN MEDIA APLIKASI LIVEWI RE UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN ELEMEN ASIF DALAM RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH SISWA SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA O leh : W ening sih Pancawati NI M. 12501244030 ABSTRAK Penelit ian ini ber t uj uan unt uk m eng et ahui: ( 1) hasil belaj ar siswa yang eng ik ut i pem belaj ar an deng an m et ode pem belaj aran penem uan berbantuan edia aplik asi Livewire dan siswa yang m eng ik ut i pem belaj aran deng an m etode onvensional pada elemen pasif dalam r angk aian list r i k arus sear ah; ( 2) perbedaan sil belaj ar siswa aspek k og nit if pada elemen pasif dalam r angk aian listr ik ar us sear ah m engg unakan m etode pem belaj ar an penem uan ber bant uan m edia lik asi Livewire deng an m et ode k onvensional ;(3) per bedaan hasil belaj ar siswa aspek af ekt if pada elemen pasif dalam r angkaian list r ik arus sear ah m enggunak an etode pem belaj aran penemuan ber bant uan media aplik asi Livewire deng an etode k onvensional; (4) ef ek t ivit as hasil belajar siswa ak ibat dar i treatment etode pem belaj ar an penem uan berbantuan m edia aplik asi Livewire pada emen pasif dalam r angk aian listr ik ar us sear ah. Penelit ian ini m erupak an penelit ian quasi experiment. Subj ek penelit ian ini alah siswa k elas X Pr ogr am Keahlian TIPT L SMK Neg eri 2 Yog yak ar t a r j um lah 58 siswa . Reliabilit as t es kog nit if dan afektif m emilik i r eliabilit as sebesar 0,805 dan 0,798 sedangk an validit asnya sebesar 0,366. Analisis desk r iptif dan uj i -dig unak an unt uk a nalisis dat a. Ha sil penelit ian dik etahui bahwa: ( 1) hasil belaj ar siswa k elas ek sper i m en ng an nilai r er ata sebesar 80, 72 pada aspek kog nit if t erm asuk dalam kateg ori sang at baik, sebesar ( 72, 72%) t erm asuk kateg or i sang at baik , hasil belaj ar siswa as k ont r ol deng an nilai r erat a sebesar 66, 65 pada aspek k og nit if t erm asuk lam k at eg or i b aik, sebesar ( 58, 72%) t er m asuk k at eg ori baik . hasil belajar siswa as ek sper im en deng an r erat a sebesar 81, 37 pada aspek af ekt if t erm asuk dalam t eg ori sang at baik , sebesar ( 62, 07%) t er m asuk k at eg ori baik , hasil belaj ar siswa as k ont r ol deng an r er ata sebesar 75, 51 pada aspek af ekt if t er m asuk dalam t eg ori baik , sebesar (95, 55%) t er m asuk kategor i baik ; ( 2) t er dapat p erbedaan sil belaj ar siswa aspek k og nit if pada pem belaj aran penem uan ber bantuan m edia lik asi Livewire secara sig nif ik an dibanding m et ode konvensional g=0, 003;

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:47
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33482

Actions (login required)

View Item View Item