EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT WORK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK N 2 BAWANG

Wilis, Hanggarjati (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT WORK UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK N 2 BAWANG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
10518244033_Wilis Hanggarjati (SKRIPSI).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui efektivitas model pembelajaran project work untuk peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran teknik digital siswa kelas X program keahlian teknik elektronika industri di SMK N 2 Bawang ditinjau dari aspek kognitif (2) Mengetahui efektivitas model pembelajaran project work untuk mencapai hasil belajar pada mata pelajaran teknik digital siswa kelas X program keahlian teknik elektronika industri di SMK N 2 Bawang ditinjau dari aspek afektif (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran project work untuk mencapai hasil belajar pada mata pelajaran teknik digital siswa kelas X program keahlian teknik elektronika industri di SMK N 2 Bawang ditinjau dari aspek psikomotor. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Experiment. Desain penelitian menggunakan non-equivalent control group design untuk aspek kognitif dan one-shoot case study untuk aspek afektif dan psikomotor. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Bawang sebanyak 69 siswa. Subyek penelitian dipilih secara acak terbagi menjadi 2 kelas yaitu X TEI 1 sebagai kelas kontrol dan X TEI 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi, uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t independent t-test. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) hasil uji-t gain score diperoleh t hitung (2,734) lebih besar dari t tabel (1,996), sehingga model pembelajaran project work efektif untuk peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran teknik digital siswa kelas X program keahlian teknik elektronika industri di SMK N 2 Bawang ditinjau dari aspek kognitif. (2) hasil uji-t aspek afektif diperoleh t hitung (2,978) lebih besar dari t tabel (1,996), sehingga model pembelajaran project work efektif untuk mencapai hasil belajar pada mata pelajaran teknik digital siswa kelas X program keahlian teknik elektronika industri di SMK N 2 Bawang ditinjau dari aspek afektif. (3) hasil uji-t aspek psikomotor diperoleh t hitung (2,333) lebih besar dari t tabel (1,996), sehingga model pembelajaran project work efektif untuk mencapai hasil belajar pada mata pelajaran teknik digital siswa kelas X program keahlian teknik elektronika industri di SMK N 2 Bawang ditinjau dari aspek psikomotor. Kata kunci: project work, hasil belajar, efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33481

Actions (login required)

View Item View Item