PELATIHAN PEMBUATAN VOICE EQUIPMENT SUSUNAN SERI PARALEL SUMBER TEGANGAN LISTRIK BATU BATERAI UNTUK GURU SLB PENGAMPU MATAPELAJARAN SAINS SISWA PENYANDANG TUNANETRA

Juli Astono, M.SI. PELATIHAN PEMBUATAN VOICE EQUIPMENT SUSUNAN SERI PARALEL SUMBER TEGANGAN LISTRIK BATU BATERAI UNTUK GURU SLB PENGAMPU MATAPELAJARAN SAINS SISWA PENYANDANG TUNANETRA. INOTEK.

[img] Text
ISI-ARTIKEL-09.doc

Download (10MB)

Abstract

Abstrak Pada dasarnya kegiatan PPM ini bertujuan agar guru sains SLB yang mengampu siswa tunanetra memahami kerja Voice Equipment Susunan Seri Paralel Sumber Tegangan Listrik Batu Baterai. Adapun tujuan khusus dari kegiatan PPM yakni, membuatan alat percobaan sains realistik voice equipment susunan seri paralel sumber tegangan listrik batu baterai dengan member pelatihan pada guru SLB yang akan digunakan siswa penyandang tuna netra. mengembangkan modul praktikum (LKS) yang dibuat oleh guru SLB yang dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa penyandang tuna netra, menerapkan pembelajaran sains berbasis voice equipment susunan seri paralel sumber tegangan listrik batu baterai bagi guru SLB untuk siswa penyandang tuna netra. Metode untuk kegiatan PPM mengunakan ceramah dan pelatihan pembuatan voice equipment dan penyusunan LKS untuk anak tuna netra dan tuna rungu, disamping itu juga mengadakan diskusi untuk penerapan pembelajaran sains yang menggunakan pendekatan kostruktivis dan cara mendesain strategi pembelajarannya. Sebagai peserta kegiatan PPM adalah guru – guru sains SLB untuk bidang tunanetra yang ada di Yogyakarta dan pelaksanaannya di SLB N3 Yogyakarta. Hasil yang dicapai pada kegiatan PPM ini yakni |: (1) Perangkat pembelajaran praktikum voice equipment tegangan listrik batu baterai yang bersifat kuantitatif yang digunakan untuk siswa penyandang tunanetra berhasil dikembangkan dan mendukung proses belajar mengajar sains, (2) Modul praktikum (LKS) untuk anak tunanetra dapat disusun dan digunakan oleh guru pengampu dalam melakukan keseluruhan aspek pembelajaran seperti yang telah dirancang bersama dengan tim pengabdi , (3) Aktivitas guru didominasi dengan kegiatan mencoba alat voice equipment dan diskusi tentang strategi pembelajaran sains serta evaluasinya membimbing siswa. Pada umumnya guru sains SLB menyatakan senang dan baru terhadap perangkat pembelajaran dan model pembelajaran yang telah dikembangkan oleh tim pengabdi, sehingga para guru berminat untuk mengikuti pembelajaran sains berikutnya seperti yang telah mereka ikuti, dan guru sains menganggap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan tim pengabdi sangat membantu dan bermanfaat dalam proses belajar mengajar sains. Kata Kunci : Voice Equipment sumber tegangang batu baterai, Sains, Tunanetra.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 08 Aug 2012 03:26
Last Modified: 02 Oct 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item