LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram No. 5, Belang Wetan, Klaten Utara, Klaten

Rio AdityaNugroho, Rio AdityaNugroho (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram No. 5, Belang Wetan, Klaten Utara, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rio Aditya Nugraha_12803241022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK Negeri 4 Klaten. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, yaitu 2 Program Studi Pendidikan Teknik Komputer Jaringan, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5 Program Studi Administrasi Perkantoran, dan 3 Program Studi Akuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 24 Agustus sampai dengan 12 September 2015, sebanyak 6 pertemuan di kelas XI Akuntansi 1 dan 2. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Kas Bank. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Metode belajar aktif teknik Information Search ( Mencari informasi dari suatu sumber belajar/film ), Teams Games Tournament ( Metode belajar dengan permainan kuis ). Adapun media yang digunakan adalah Ms. Power Point, film Akuntansi, video, modul, laptop dan whiteboard, spidol dan penghapus. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan- hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah para siswa yang belum memiliki modul / LKS, sehingga pelajaran berlangsung tanpa pedoman pembelajaran bagi peserta didik. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL menggandakan materi Kas Bank untuk peserta didik. Selain itu, hambatan lain adalah sikap dari peserta didik yang cenderung kurang tertarik dengan pelajaran Akuntansi. Oleh karena itu untuk mengatasinya, mahasiswa PPL menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan dengan sistem bermain, belajar dan berdisukusi antar teman sejawat, mengamati film serta video yang berhubungan dengan Akuntansi. sehingga terbentuklah suasana pelajaran Akuntansi dalam kelas yang menarik serta menyenangkan bagi peserta didik, dan juga metode pembelajaran akuntansi yang tidak monoton

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, AK, SMK Negeri 4 Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 May 2016 01:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33478

Actions (login required)

View Item View Item