PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN ADMINISTRASI SERVER UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2015/2016

Salam, Muhammad Miftachus (2016) PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN ADMINISTRASI SERVER UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Miftachus Salam 10520241028.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN ADMINISTRASI SERVER UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NEGERI 1 SEDAYU TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh: Muhammad MIftachus Salam NIM. 105202410028 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) menyusun modul pembelajaran administrasi server pada materi DHCP Server, DNS Server, dan Web/HTTP Server untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa, (2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran administrasi server pada materi DHCP Server, DNS Server, dan Web/HTTP Server berdasarkan penilaian ahli dan guru mata pelajaran Administrasi Server, dan (3) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran yang telah disusun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang meliputi 5 tahapan yaitu tahap (1) perancangan; (2) pengembangan produk awal; (3) validasi produk; (4) uji lapangan; dan (5) diseminasi terbatas. Penelitian ini melibatkan beberapa reviewer, yaitu tiga orang ahli, dua orang guru mata pelajaran Administrasi Server, dan 30 siswa kelas XI TKJA SMK Negeri 1 Sedayu. Data dikumpulkan dengan menggunakan angkat dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) penyusunan modul pembelajaran menggunakan motode yang dikembangkan Brog dan Gall dengan 5 tahapan, yaitu perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, uji lapangan dan diseminasi terbatas. (2) modul pembelajaran Administrasi Server materi DHCP Server, DNS Server dan Web/HTTP Server yang disusun memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penilaian modul oleh ahli dan guru mata pelajaran Administrasi Server pada aspek kelayakan isi mendapat rerata skor 43, 94 termasuk dalam kategori sangat baik, pada aspek kelayakan bahasa mendapat rerata skor 17, 66 termasuk dalam kategori sangat baik, aspek penajian mendapat skor rerata 40 termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek kegrafisan mendapat rerata skor 22, 83 termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan penilaian berdasarkan respon siswa: aspek kelayakan materi mendapat rerata skor 17, 80 termasuk dalam kategori sangat baik, aspek kelayakan bahasa mendapat rerata skor 17, 67 termasuk dalam kategori sangat baik, aspek penyajian mendapat rerata skor 39, 13 termasuk dalam kategori sangat baik, aspek kegrafisan mendapat rerata skor 21, 83 termasuk dalam kategori sangat baik. (3) Kemandirian belajar siswa meningkat setelah menggunakan modul pembelajaran Administrasi Server yang telah disusun. Hasil yang diperoleh dari rerata persentase peningkatan kemandirian belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan modul melalui angket mengalami peningkatan sebesar 6,02%, sedangkan melalui observasi meningkat sebesar 27,78%. Kata kunci: Kelayakan Modul, Kemandirian Belajar, Modul Administrasi Server

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:39
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33474

Actions (login required)

View Item View Item