PENGARUH KESIAPAN KERJA SISWA, POLA ASUH ORANG TUA, PRESTASI MATA PELAJARAN ADAPTIF, DAN PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 GODEAN

Amelia, Lucky (2016) PENGARUH KESIAPAN KERJA SISWA, POLA ASUH ORANG TUA, PRESTASI MATA PELAJARAN ADAPTIF, DAN PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Lucky Amelia 09520244077.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KESIAPAN KERJA SISWA, POLA ASUH ORANG TUA, PRESTASI MATA PELAJARAN ADAPTIF, DAN PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 GODEAN LUCKY AMELIA NIM 09520244077 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja siswa, sebaran jenis pola asuh orang tua, dan mendeskripsikan pengaruh kesiapan kerja siswa, pola asuh orang tua, mata pelajaran adaptif, dan produktif terhadap prestasi praktik kerja industri (prakerin) kelas XII program keahlian multimedia SMK Negeri 1 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Seluruh anggota populasi menjadi sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data variabel kesiapan kerja dan pola asuh orang tua menggunakan angket dengan skala likert. Validitas isi instrumen dilakukan oleh Expert Judgement dan validasi konstruk dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data variabel mata pelajaran adaptif, dan produktif menggunakan dokumentasi rapor. Data prestasi prakerin menggunakan dokumentasi nilai dari pihak industri yang dikumpulkan pada guru pengampu praktik kerja industri. Deskripsi data yang digunakan adalah analisis statistik diskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus, dan standar deviasi. Uji prasyarat analisis normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas dilakukan sebelum melakukan uji regresi. Analisa data korelasional untuk menguji hipotesis tersebut ada hubungan atau tidak dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan membandingkan rhitung dengan rtabel. Pengujian tersebut dengan bantuan komputer dan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rerata nilai kesiapan kerja siswa adalah 108,4 yang termasuk kategori tinggi dalam rentang X>102; (2) pola asuh orang tua siswa dominan menerapkan pola asuh autoritatif dengan nilai sebesar 46%; (3) kesiapan kerja siswa berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sesuai dengan persamaan Y=65,721+1,94X1 sebesar 48,6%; (4) pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sesuai dengan persamaan Y=79,131+1,25X2 sebesar 26%; (5) mata pelajaran adaptif berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sesuai dengan persamaan Y=51,12+4,42X3 sebesar 19,1%; (6) mata pelajaran produktif berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sesuai dengan persamaan Y=50,997+4,26X4 sebesar 24,4%; (7) kesiapan kerja, pola asuh orang tua, mata pelajaran adaptif, dan produktif secara bersama berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sesuai dengan persamaan Y=24,313+0,151X1+0,020X2 +0,260X3+0,248X4 dengan sumbangan efektif sebesar 69,5%. Kata Kunci: kesapan kerja, pola asuh orang tua, mata pelajaran, adaptif, produktif, praktik kerja industri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 May 2016 01:07
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33470

Actions (login required)

View Item View Item