Implementasi Pendidikan Karakter di SMK Telkom Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang

Hermanto, Hermanto (2012) Implementasi Pendidikan Karakter di SMK Telkom Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hermanto-10702251001.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendidikan karakter, (2) nilai-nilai karakter yang ditanamkan kepada siswa, (3) peran Pondok Pesantren dalam pendidikan karakter siswa, dan (4) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter di SMK Telkom Darul ‘Ulum Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua pihak yang terkait dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan, yaitu kyai, kepala sekolah, guru, ustadz, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Peneliti sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan secara induktif dengan tahapan: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Implementasi pendidikan karakter di SMK Telkom Darul ‘Ulum Jombang secara umum sudah berhasil dan implementasi tersebut dilaksanakan melalui tiga cara, yaitu: (a) kurikulum dan mata pelajaran, (b) budaya sekolah baik dilingkungan guru maupun siswa, (c) pengembangan diri melalui program pengembangan minat dan bakat. (2) Karakter pokok yang diajarkan adalah: shiddiq, amanah, tabligh, fathonah,tawadhu’, wara’, dan qona’ah. (3) Peran pondok pesantren adalah memadukan antara pendidikan karakter pesantren dan di sekolah sehingga proses pendidikan karakter berjalan sepanjang hari (fullday). (4) Faktor pendukung pendidikan karakter siswa yaitu: (1) tenaga pengajar yang memadai serta adanya peran aktif dari kepala sekolah, guru, dan staf sekolah; (2) hampir seluruh siswa berasrama di pesantren, (3) sarana dan prasarana yang lengkap (asrama putra/i, masjid/musholla, tempat olahraga, dan laboratorium komputer); (4) bimbingan dan pengawasan oleh kyai dan ustadz. Adapun faktor penghambat yaitu: (1) terjadinya perbedaan budaya antara siswa, (2) siswa perlu adaptasi dengan lingkungan pesantren, (3) terlalu banyaknya jam pelajaran, (4) kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan karakter anaknya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 May 2016 00:38
Last Modified: 29 Jan 2019 08:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33466

Actions (login required)

View Item View Item