Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan

Susanto, Hary (2012) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hary-susanto-10702259029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh kompetensi guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru SMK di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, (2) pengaruh kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama- sama, dan secara langsung atau tidak langsung. Penelitian adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian adalah guru-guru SMK di Kabupaten Hulu Sungai, Selatan Kalimantan Selatan sebanyak 135 orang. Sampel sejumlah 101 orang ditentukan dengan teknik propotional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis jalur antara variabel bebas, variabel terikat dan variabel perantara. Proses perhitungan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan komputer program SPSS 13.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) kompetensi guru terhadap motivasi kerja guru dengan taraf signifikansi 0,038; (2) kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru dengan taraf signifikansi 0,045; (3) kompetensi guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru dengan taraf signifikansi 0,001; (4) kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan taraf signifikansi 0,036; (5) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan taraf signifikansi 0,003; (6) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru dengan taraf signifikansi 0,036; (7) kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru secara bersama-sama dengan taraf signifikansi 0,000; (8) kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru dengan taraf signifikansi 0,038 dan 0,036; dan (9) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru dengan taraf signifikansi 0,045 dan 0,036.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 May 2016 00:23
Last Modified: 26 Sep 2022 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33465

Actions (login required)

View Item View Item