“KESULITAN YANG DIHADAPI GURU MATA PELAJARAN PRODUKTIF JURUSAN OTOMOTIF DI SMK N 2 PENGASIH DITINJAU DARI ASPEK PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI (TIK)”

Rios, Saputra (2016) “KESULITAN YANG DIHADAPI GURU MATA PELAJARAN PRODUKTIF JURUSAN OTOMOTIF DI SMK N 2 PENGASIH DITINJAU DARI ASPEK PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI (TIK)”. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rios Saputra 08504241019.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

“KESULITAN YANG DIHADAPI GURU MATA PELAJARAN PRODUKTIF JURUSAN OTOMOTIF DI SMK N 2 PENGASIH DITINJAU DARI ASPEK PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI (TIK)” Oleh : Rios Saputra NIM. 08504241019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru mata pelajaran produktif jurusan otomotif di SMK N 2 Pengasih dalam menggunakan media pembelajaran dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi guna menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Subyek penelitian ini adalah para bapak/ibu guru mata pelajaran produktif jurusan otomotif di SMK N 2 Pengasih. Jumlah populasi yang menjadi subyek penelitian sebanya 19 orang guru mata pelajaran produktif jurusan otomotif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket penelitian. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis diskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi oleh masing-masing guru berbeda-beda, ini dapat dilihat pada perolehan nilai persentase kesulitan pada masing-masing item dan juga perolehan nilail persentase kesulitan pada masing-masing aspek. Dari kelima aspek yang dijadikan tinjauan, pada aspek penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi banyak guru yang mengalami kesulitan. Hal ini tampak dari perolehan nilai perhitungan persentase kesulitan terendah pada aspek ini 42,11% dan perolehan nilai persentase kesulitan tertinggi pada aspek ini 84,21%. Dengan hasil tersebut maka dapat diketahui besarnya nilai rata-rata persentase kesulitan pada aspek ini sebesar 59,51%, bila diintepretasikan dalam tabel kategori penilaian maka kesulitan yang dihadapi guru pada aspek ini masuk dalam kategori cukup tinggi. Kata kunci : Kesulitan, Guru, penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 27 May 2016 03:49
Last Modified: 30 Jan 2019 09:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33460

Actions (login required)

View Item View Item