Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) untuk Siswa SMK

Sulistyoningsih, Cicik (2012) Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) untuk Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-cicik-sulistyoningsih-10702259012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan e-learning mata pelajaran KKPI untuk siswa SMK yang menggunakan LMS Moodle; 2) mengetahui kelayakan e-learning mata pelajaran KKPI yang dihasilkan sebagai media pembelajaran; dan 3) mengetahui keefektifan e-learning mata pelajaran KKPI dalam pencapaian hasil belajar siswa SMK. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan meliputi tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pada tahap perencanaan dan desain dilakukan on going evaluation hingga menjadi produk awal. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi ahli media dan ahli materi (uji alpha), oleh siswa (uji beta) dan kemudian dilakukan revisi akhir. Tes Beta dan Tes Sumatif melibatkan siswa. Siswa Tes Beta sebanyak tiga orang. Selanjutnya dilakukan evaluasi sumatif untuk mengetahui keefektifan e-learning dengan cara menerapkan pembelajaran pada kelas X RPL SMK Negeri 3 Banjarbaru. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini 62 siswa yang terdiri dari kelas X RPL1 yang menggunakan media e-learning dan kelas X RPL2 yang menggunakan media presentasi. Hasil penelitian menujukkan sebagai berikut: (1) media e-learning yang dikembangkan dengan LMS Moodle melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. E-learning menyajikan materi standar kompetensi mengoperasikan sistem operasi software dengan kompetensi dasar mengoperasikan software aplikasi basis data. (2) e-learning tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan validasi ahli media termasuk kategori sangat baik dengan skor 4,08, ahli materi termasuk kategori sangat baik dengan skor 4,86, berdasarkan uji beta termasuk kategori sangat baik dengan skor 4,48, dan berdasarkan uji produk termasuk kategori sangat baik dengan skor 4,22. (3) keefektifan pembelajaran KKPI dengan menggunakan e-learning lebih baik daripada media presentasi berdasarkan pencapaian hasil belajar siswa. Terdapat peningkatan hasil belajar KKPI yang signifikan akibat dari penggunaan e-learning. Nilai signifikansi kurang dari 0,05 dengan peningkatan rata-rata sebesar 30,72.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan e-learning, KKPI, sekolah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 May 2016 02:50
Last Modified: 26 Sep 2022 07:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33457

Actions (login required)

View Item View Item