Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Ngawen Gunungkidul

Basuki, Basuki (2012) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Ngawen Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-basuki-05702254037.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kompetensi pengukuran Program Studi Keahlian Teknik Otomotif. Tujuan berikutnya adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa setelah hasil belajar semester sebelumnya disertakan. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen yang dilakukan dengan desain Solomon. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Program Studi Keahlian Teknik Otomotif SMKN 1 Ngawen Gunungkidul. Subyek penelitian menggunakan Seluruh populasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif model STAD, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa dengan variabel sertaan hasil belajar kompetensi pengukuran semester sebelumnya. Data penelitian adalah nilai hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang berbentuk multiple choice. Validasi soal dilakukan dengan analisis tingkat kesukaran, daya beda, dan distribusi jawaban dengan hasil soal nomor 7, 30, dan 56 gugur, sedangkan reliabilitas tinggi dengan koefisien alpha 0.913. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, analisys of varian (ANOVA), dan analysis of kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan metode konvensional dengan hasil pengujian t antar kelompok dengan pre-tes 7.898 dan antar kelompok tanpa pre-tes 13.492 lebih besar dari t0.05(1.994), sedangkan hasil analisis varian didapatkan F antar kelompok dengan pre-tes 62.376 dan antar kelompok tanpa pre-tes 182.038 lebih besar dari F0.05(3.98). (2) Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan metode konvensional walaupun hasil belajar semester sebelumnya disertakan, dengan hasil F analisis kovarian sebesar 144.98 lebih besar dari F0.05 (3.98). Keunggulan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar, hendaknya menjadi pedoman dan dipertimbangkan oleh guru, khususnya guru Otomotif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 May 2016 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33455

Actions (login required)

View Item View Item