Faktor-Faktor Determinan Profesionalisme Guru SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kota Yogyakarta

Utami, Athika Dwi Wiji (2012) Faktor-Faktor Determinan Profesionalisme Guru SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-athika-dwi-wiji-utami-10702251003.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan komitmen guru, baik secara simultan maupun parsial terhadap profesionalisme guru produktif SMK bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kota Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah para guru produktif SMK bidang keahlian TIK dengan jumlah 79 orang guru yang tersebar di 14 SMK di wilayah kota Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling. Berdasarkan formula empiris dari Krejcie dan Morgan, sampel jumlah guru yang menjadi responden adalah 66 orang. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan penyebaran angket tertutup. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), yang dimaksudkan untuk menganalisis pola hubungan kausal antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel yang menjadi pengaruh (exogenous variable), dan variabel yang dipengaruhi (endogenous variable). Variabel yang menjadi pengaruh (exogenous variable) adalah kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan komitmen. Variabel yang diperngaruhi (endogenous variable) adalah profesionalisme guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kecerdasan emosional guru secara signifikan berpengaruh langsung terhadap profesionalisme guru produktif SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kota Yogyakarta, dengan kontribusi sebesar 0,701 Besarnya kontribusi kecerdasan emosional menyebabkan variabel tersebut menjadi faktor determinan dari profesionalisme guru. Selanjutnya, tidak ada pengaruh langsung kepuasan kerja guru terhadap profesionalisme guru produktif SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kota Yogyakarta. Komitmen guru secara signifikan berpengaruh langsung terhadap profesionalisme guru produktif SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kota Yogyakarta, dengan kontribusi sebesar 0,224. Sementara itu, secara simultan kecerdasan emosional, kepuasan kerja dan komitmen guru secara signifikan berpengaruh terhadap profesionalisme guru produktif SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kota Yogyakarta, dengan kontribusi sebesar 57%. Dari hasil pengujian disimpulkan bahwa peningkatan profesionalisme guru dapat dilakukan dengan meningkatkan kecerdasan emosi, kepuasan kerja dan komitmen guru secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme, kecerdasan emosional, komitmen, kepuasan kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 May 2016 02:05
Last Modified: 29 Jan 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33453

Actions (login required)

View Item View Item