PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WILAYAH KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH

Joko Santoso, M.Hum. PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU BAHASA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI WILAYAH KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH. INOTEK.

[img] Text
ARTIKEL.doc

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan (i) pengetahuan mengenai penelitian tindakan kelas dan (ii) pelatihan penyusunan proposal sebagai rencana perbaikan kualitas pembelajaran. Untuk mencapai tujuan itu, metode yang digunakan ialah pelatihan dan lokakarya. Di samping itu, metode pendidikan orang dewasa (andragogi) diterapkan dengan memanfaatkan model pendekatan proses. Metode ini dipilih agar peserta bisa mengalami setiap langkah proses penyusunan proposal penelitian tindakan kelas sesuai permasalahan pembelajaran yang dihadapinya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang dari 25 orang guru bidang studi bahasa Indonesia yang ditargetkan. Peserta berhasil mewujudkan 5 draf proposal penelitian tindakan kelas yang disusun secara kelompok berdasarkan kebutuhan dan permasalahan yang mereka hadapi di sekolah. Semua proposal dapat diseminarkan dan diperbaiki berdasarkan saran, baik dari tim pengabdian masyarakat maupun dari sesama peserta. Sebagian besar peserta merasa puas terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Mereka merasa telah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan. Kata kunci: pelatihan, penelitian tindakan kelas, guru bahasa Indonesia

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 08 Aug 2012 03:23
Last Modified: 02 Oct 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3345

Actions (login required)

View Item View Item