PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN KAMPUH PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS X SMK N 1 PENGASIH

Desi, Astuti (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN KAMPUH PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS X SMK N 1 PENGASIH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Desi Astuti 13513242001.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN KAMPUH PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK SISWA KELAS X SMK N 1 PENGASIH Oleh : Desi Astuti NIM. 13513242001 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran pembuatan kampuh pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit menggunakan adobe flash untuk siswa kelas X SMK N 1 Pengasih, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran pembuatan kampuh pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit menggunakan adobe flash untuk siswa kelas X SMK N 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan jenis peneilitian R&D (Research & Development) dengan model pengembangan Borg & Gall yang dikutip dalam tim Puslitjaknov. Tahapan-tahapan dari penelitian ini meliputi 1) analisa kebutuhan, 2) pengembangan produk, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji kelompok kecil, 5) uji kelompok besar dan produk akhir. Penelitian ini melibatkan ahli evaluasi, ahli media dan ahli materi, 5 siswa dipilih secara purposive sampling sebagai uji coba lapangan skala kecil dan 27 siswa kelas X Busana SMK N 1 Pengasih sebagai uji coba lapangan skala besar. Instrumen angket menggunakan validitai isi (conten validity) dan reabilitas antar rater dengan perhitungan procentage of agreetment. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Alat pengumpul data menggunakan angket dengan skala Guttman untuk para ahli dan skala Likert untuk siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1 media pembelajaran pembuatan kampuh menggunakan adobe flash untuk siswa kelas X SMK N 1 Pengasih yang berhasil dikembangkan melalui penelitian R&D dengan model pengembangan Borg & Gall yang dikutip dalam tim Puslitjaknov; 2) media pembelajaran pembuatan kampuh menggunakan adobe flash dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, dari 27 siswa sebesar 14 siswa (50,70%) menyatakan sangat layak dan 13 siswa (49,30%) menyatakan layak. Dengan demikian media pembelajaran pembuatan kampuh layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, kampuh, dasar teknologi menjahit, adobe flash, SMK N 1 Pengasih, kelayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 May 2016 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 09:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33440

Actions (login required)

View Item View Item