MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI KREBET KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULONPROGO

Miswantina, Devi (2016) MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI KREBET KECAMATAN PANJATAN KABUPATEN KULONPROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Devi Miswantina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Krebet Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulonprogodengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian tindakan kelas menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan pelaksanaan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Krebet Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulonprogo yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui langkah mengorganisasikan peserta didik, menyajikan masalah, merumuskan masalah, menyusun gagasan, mengelompokkan gagasan ke dalam golongan gagasan yang mendukung atau bertentangan dengan masalah, mencari informasi tambahan dari berbagai sumber dan menggolongkannya ke dalam golongan gagasan yang mendukung atau bertentangan dengan masalah, membuat laporan, dan menyampaikan laporan dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah siswa pada pembelajaran IPS. Peningkatan ini dapat diketahui dari persentase siswa yang telah mencapai kategori minimal baik dalam penelitian ini, yaitu pada pra tindakan sebesar 0% kemudian setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah menjadi 92,9% pada siklus I dan siklus II. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan memecahkan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 May 2016 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 09:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33439

Actions (login required)

View Item View Item