HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MATA PELAJARAN ILMU GIZI DI KELAS X DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Dita, Ramanda (2016) HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MATA PELAJARAN ILMU GIZI DI KELAS X DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dita Ramanda 13511245004.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MATA PELAJARAN ILMU GIZI DI KELAS X DI SMK NEGERI 3 WONOSARI Oleh : Dita Ramanda NIM. 13511245004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keaktifan siswa kelas X pada pembelajaran ilmu gizil di SMK N 3 Wonosari, (2) Hasil Belajar Siswa kelas X pada pembelajaran ilmu gizi di SMKN 3 Wonosari, (3) Hubungan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ilmu gizi kelas X di SMKN 3 Wonosari. Penelitian dilaksanakan dari bulan November 2014 – Juni 2015 dan tempat penelitian di SMK Negeri 3 Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan penelitian deskriptif Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh dimana dengan populasi sebanyak 63 siswa di ambil secara keseluruhan untuk di jadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan dokumentasi, model penilaian observasi menggunakan kategorisasi nilai. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji crosstab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keaktifan siswa termasuk ke dalam kategori sangat aktif dengan sebanyak 9 siswa (14,3%), pada kategori aktif sebanyak 37 siswa (58,7%), pada kategori cukup aktif sebanyak 17 siswa (27%) sedangkan kategori tidak aktif sebanyak 0 siswa (0%). (2) Hasil belajar siswa diambil dari nilai akhir siswa semester 1 yang menjadi nilai akhir pada mata pelajaran ilmu gizi masuk pada kategori sangat baik sebanyak 36 siswa (57,2%), pada kategori baik sebanyak 27 siswa (42,9%), pada kategori cukup 0 siswa (0%), pada kategori kurang 0 siswa (0%), sedangkan pada kategori buruk sebanyak 0 siswa (0%). (3) terdapat hubungan yang positif antara keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ilmu gizi dengan kategori sangat aktif sangat baik sebanyak 6 siswa (9,5%), kategori sangat aktif baik sebanyak 3 siswa (4,8%), kategori aktif sangat baik sebanyak 25 siswa (39,7%), kategori aktif baik sebanyak 12 siswa (19,0%), kategori cukup aktif sangat baik sebanyak 5 siswa (7,9%) dan kategori cukup aktif baik sebanyak 12 siswa (19,0%). Kata Kunci: Keaktifan, Hasil Belajar, Ilmu Gizi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 May 2016 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 09:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33438

Actions (login required)

View Item View Item