MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS V SD N GEDONGKIWO

Kurniawan, Bayu (2016) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS V SD N GEDONGKIWO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Bayu Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD N Gedongkiwo melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran IPA. Minat belajar siswa dilihat dari antusiasme, rasa ingin tahu, perhatian, partisipasi aktif, menghargai pendapat, dan ketekunan. Penelitian dilaksanakan di SD N Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan berkolaborasi dengan guru kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengambilan data yaitu pengamatan dan skala minat. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas V SD N Gedongkiwo dalam pembelajaran IPA dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Pada siklus I, hasil pengamatan menunjukkan bahwa 85,20% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Hasil angket yaitu 100% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Meskipun sudah mencapai kriteria keberhasilan dengan kategori minimal baik siklus II perlu dilakukan untuk meningkatkan validitas penelitian, juga untuk menjamin efek penerapan model Quantum Teaching dalam meningkatkan minat belajar siswa bukan merupakan suatu kebetulan. Pada siklus II, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching disertai perbaikan tindakan berupa siswa dipancing untuk bertanya dengan menunjukkan media/alat dan bahan yang akan digunakan, siswa diberi kesempatan untuk bertanya, dan pembagian kelompok yang dirubah dan ditentukan oleh guru. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa 96,30% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Hasil angket yaitu 100% siswa mencapai minat belajar pada kategori baik. Kata Kunci: minat belajar siswa, model pembelajaran Quantum Teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 May 2016 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 09:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33433

Actions (login required)

View Item View Item