Keefektifan Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Kejuruan PT Kalimas AI Yogyakarta

Roziqin, Ahmad (2012) Keefektifan Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Kejuruan PT Kalimas AI Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-roziqin-10702251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan pelaksanaan pendidikan dan latihan kejuruan PT Kalimas AI Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan evaluasi model four level Kirkpatrick pada level respon (reaction), hasil belajar (learning), perilaku kerja (behavior), dan (2) kelebihan dan kekurangan pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan model evaluasi Kirkpatrick pada tiga dari empat level evaluasi. Fokus evaluasi pada level respon (reaction), hasil belajar (learning) dan perilaku kerja (behavior). Responden dalam penelitian ini berjumlah 71 orang, yang terdiri dari 35 peserta PLK PT Kalimas AI, tiga instruktur PLK, 13 supervisor industri dan 20 alumni PLK PT Kalimas AI yang bekerja di Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi yang sudah divalidasi oleh ahli dan melalui uji validitas instrumen. Data penelitian yang terkumpul adalah respon peserta pelatihan, hasil belajar peserta pelatihan, respon alumni pelatihan dan kinerja alumni pelatihan. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan analisis komparasi pada hasil belajar peserta pelatihan berdasarkan latar belakang pendidikan peserta pelatihan. Hasil penelitian pelaksanaan pendidikan dan latihan kejuruan PT Kalimas AI menunjukkan (1) pada level respon peserta, pelatihan sangat efektif dengan kecenderungan sebesar 80%; (2) pada level respon alumni, pelatihan sangat efektif dengan kecenderungan sebesar 55%; (3) pada level hasil belajar peserta, pelatihan efektif dengan tingkat kecenderungan sebesar 85,71% dan hasil komparasi menunjukkan tidak ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok peserta pelatihan berdasarkan latar belakang pendidikannya; (4) pada level perilaku kerja alumni, pelatihan efektif dengan tingkat kecenderungan sebesar 75%; dan (5) kelebihan PLK PT Kalimas AI terdapat pada materi dan metode pelatihan, keuletan, kedisiplinan dan kerjasama peserta, ketelitian, keuletan kerja serta kemampuan alumni dalam menganalisa pekerjaan. Selanjutnya kekurangan PLK PT Kalimas AI terdapat pada konsumsi, peraturan pelatihan, alat dan bahan praktek, manajemen waktu dan kedisiplinan alumni pelatihan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifaan, pendidikan dan latihan kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 06:37
Last Modified: 26 Sep 2022 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33425

Actions (login required)

View Item View Item