Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan, Prestasi Belajar Kompetensi Kejuruan, dan Soft Skills Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri di Kabupaten Kebumen

Kurniawan, Adhetya (2012) Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan, Prestasi Belajar Kompetensi Kejuruan, dan Soft Skills Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Negeri di Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-adhetya-kurniawan-08702251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar kewirausahaan, prestasi belajar kompetensi kejuruan, dan soft skills secara sendiri- sendiri maupun bersama-sama terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XII Program Keahlian Teknik Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Kabupaten Kebumen. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas XII SMK Negeri program keahlian teknik otomotif di Kabupaten Kebumen. Sampel penelitian menggunakan teknik random cluster sampling sebanyak 180 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 alternatif jawaban, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dari Pearson, sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda pada taraf signifikansi 5 persen. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan variabel prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, dengan sumbangan efektif 8.0256 persen; 2) terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan variabel prestasi belajar kompetensi kejuruan terhadap minat berwirausaha, dengan sumbangan efektif 6.6052 persen; 3) terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan variabel soft skills terhadap minat berwirausaha, dengan sumbangan efektif 16.5675 persen; dan 4) hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama variabel prestasi belajar kewirausahaan, prestasi belajar kompetensi kejuruan, dan soft skills terhadap minat berwirausaha, dengan sumbangan efektif sebesar 31.2 persen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar kewirausahaan, prestasi belajar kompetensi kejuruan, soft skills, minat berwirausaha
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 06:28
Last Modified: 22 Sep 2022 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33424

Actions (login required)

View Item View Item