PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SISWA DI LUAR JAM PELAJARAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Kurnianingtyas, Dina (2016) PENGARUH PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR SISWA DI LUAR JAM PELAJARAN DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DINA KURNIANINGTYAS_12803244059.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016, (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016, (3) Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sleman yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Kuesioner untuk mengumpulkan data Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua, sedangkan dokumentasi untuk mengetahui Prestasi Belajar Akuntansi. Uji coba instrumen ini dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Turi Tahun Ajaran 2015/2016. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi linear berganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y= 0,442, r2x1y= 0,195; thitung= 3,621; ttabel= 2,005 dan p= 0,001. 2) Terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y= 0,379, r2x2y= 0,144; thitung= 3,012; ttabel= 2,005 dan p= 0,004. 3) Terdapat pengaruh positif Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2)= 0,493; R2y(1,2)= 0,243; Fhitung= 8,523; Ftabel= 3,172 dan p= 0,001. Sumbangan Relatif Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran sebesar 44,16% dan Sumbangan Efektif sebesar 10,73%. Sumbangan Relatif Perhatian Orang Tua sebesar 55,84% dan Sumbangan Efektif sebesar 13,57%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Waktu Belajar Siswa di Luar Jam Pelajaran, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 26 May 2016 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33423

Actions (login required)

View Item View Item