Pengaruh Metode Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ditinjau dari Potensi Akademik Siswa SMK Otomotif

Primartadi, Aci (2012) Pengaruh Metode Student Teams-Achievement Division (STAD) dan Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ditinjau dari Potensi Akademik Siswa SMK Otomotif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aci-primartadi-10702251006.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) interaksi antara metode pembelajaran dan potensi akademik siswa dalam pengaruhnya terhadap pencapaian hasil belajar, (2) pengaruh metode pembelajaran STAD terhadap peningkatan hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa, dan (3) pengaruh metode pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar ditinjau dari potensi akademik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan desain faktorial yang dilakukan dengan memberikan perlakuaan dalam metode pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel dan kedua kelas tersebut diberikan pembelajaran dengan menggunakan dua metode berbeda. Satu kelas menggunakan metode STAD, sedangkan kelas yang lainnya diberikan metode PBL. Untuk variabel bebas yang lain yaitu variabel atribut potensi akademik siswa dijadikan sebagai variabel yang ikut mempengaruhi variabel terikat. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini menggunakan sampel dengan jumlah 52 siswa dengan kelompok STAD 25 siswa dan kelompok PBL 27 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis varian (ANAVA) dengan progam SPSS 18. Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa: (1) apabila mengajar siswa dengan kondisi kelas homogen pada kemempuan potensi akademik tinggi lebih baik menggunakan metode PBL, (2) apabila mengajar siswa dengan kondisi kelas bersifat heterogen pada kemampuan potensi akademik tinggi dan rendah lebih baik menggunakan metode STAD, dan (3) apabila mengajar siswa dengan kondisi kelas homogen pada kemempuan potensi akademik rendah lebih baik menggunakan metode pembelajaran STAD. Hasil dari proses belajar tersebut akan lebih maksimal apabila pemilihan metode pembelajaran tepat dan disesuaikan dengan karekter serta kemampuan potensi akademik siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Student Teams-Achievement Division, Problem Based Learning, peningkatan hasil belajar, potensi akademik siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 06:07
Last Modified: 29 Jan 2019 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33421

Actions (login required)

View Item View Item