PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MELAKUKAN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA MATA PELAJARAN PELAYANAN PRIMA DI SMK BUSANA BUTIK SE-KABUPATEN SLEMAN

Rina, Wahyuningsih (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MELAKUKAN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA MATA PELAJARAN PELAYANAN PRIMA DI SMK BUSANA BUTIK SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rina Wahyuningsih - 08513242010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MELAKUKAN KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA MATA PELAJARAN PELAYANAN PRIMA DI SMK BUSANA BUTIK SE-KABUPATEN SLEMAN Oleh: Rina Wahyuningsih 08513242010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tingkat pencapaian kompetensi melakukan komunikasi di tempat kerja mata pelajaran Pelayanan Prima sebelum menggunakan model pembelajaran Quantum; 2) mengetahui tingkat pencapaian kompetensi melakukan komunikasi di tempat kerja mata pelajaran Pelayanan Prima setelah menggunakan model pembelajaran Quantum; 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum pada pencapaian kompetensi melakukan komunikasi di tempat kerja di SMK Busana Butik se- Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMK Busana Butik di Kabupaten Sleman dengan jumlah 506 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 30 siswa dari SMK Muhammadiyah Berbah dan 28 siswa dari SMK Diponegoro Depok. Metode pengumpulan data dan instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (t-test) untuk sampel mandiri (independen sampel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pencapaian kompetensi sebelum menggunakan model pembelajaran Quantum kompetensi melakukan komunikasi di tempat kerja pada kelas control siswa yang berada pada kategori tuntas sebanyak 5 siswa (16,7%), sedangkan pada kelas eksperimen kategori tuntas sebanyak 3 siswa (10,7%); 2) pencapaian kompetensi setelah menggunakan model pembelajaran Quantum kompetensi melakukan komunikasi di tempat kerja, pada kelas control siswa yang berada pada kategori tuntas sebanyak 17 siswa (57,7%), sedangkan pada kelas eksperimen kategori tuntas sebanyak 28 siswa (100%); 3) terdapat pengaruh tingkat pencapaian kompetensi melakukan komunikasi di tempat kerja antara kelas eksperimen dan kelas control. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata penilaian hasil tes yang diperoleh yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 79,07 sedangkan rata-rata kelas control sebesar 71,83. Kemudian dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t (t-test) diperoleh t hitung4,103> t tabel 1,671, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi melakukan komunikasi di tempat kerja pada pembelajaran Pelayanan Prima kelas X Busana Butik di SMK Busana Butik se-Kebupaten Sleman. Kata kunci: Model pembelajaran Quantum, pencapaian kompetensi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 May 2016 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33418

Actions (login required)

View Item View Item