PERKEMBANGAN BENTUK PENYAJIAN KESENIAN LENGGER BANYUMASAN DI PAGUYUBAN SENI LANGEN BUDAYA DESA PAPRINGAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS

Masri Nur Hayati, Masri (2016) PERKEMBANGAN BENTUK PENYAJIAN KESENIAN LENGGER BANYUMASAN DI PAGUYUBAN SENI LANGEN BUDAYA DESA PAPRINGAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perkembangan Bentuk Penyajian Kesenian Lengger Banyumasan di Paguyuban Seni Langen Budaya Desa Papringan Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data di peroleh dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data di lakukan secara deskriptif kualitatif yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan kesimpulan. Keabsahan data di peroleh dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perkembangan Bentuk Penyajian Kesenian Lengger Banyumasan dipengaruhi oleh seniman yang berasal dari desa Klapa Gading Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Kesenian Lengger Banyumasan dapat dibagi menjadi tiga tahapan atau periode yang terdiri dari periode pertama Tahun 1982-1999, periode kedua Tahun 2000-2008, dan periode ketiga Tahun 2009-2016. Perkembangan bentuk penyajian tersebut meliputi gerak, desain lantai, musik iringan, tata rias, tata busana,tata lampu (lighting), tempat pertunjukan, dan perlengkapan tari (property). Adanya perkembangan bentuk penyajian tersebut, kesenian Lengger Banyumasan lebih terlihat praktis, dinamis dan efisien dengan tampilan yang telah di kemas sedemikian rupa hingga lebih menarik serta kesenian tersebut dapat di terima oleh semua kalangan. Perkembangan bentuk penyajian tersebut sebagai upaya dalam menggali, melestarikan, mengembangkan dan memberdayakan kesenian Lénggér Banyumasan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Bentuk Penyajian, Kesenian Lengger Banyumasan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 26 May 2016 04:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33417

Actions (login required)

View Item View Item