LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten

Putri Ratnasari, Putri Ratnasari (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Putri Ratnasari_12402241058.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK Negeri 4 Klaten. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Teknik Komputer Jaringan, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5 Program Studi Administrasi Perkantoran, dan 3 Program Studi Akuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 24 Agustus – 11 September, sebanyak 2 pertemuan di kelas XI AP 1,2 dan 3. Untuk minggu pertama digunakan untuk observasi kelas pada saat guru pembimbing mengajar. Berdasarkan hasil observasi di peroleh pengetahuan mengenai kondisi dan situasi siswa dan lingkungan kelas saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Selanjutnya minggu kedua dilanjutkan dengan Micro Teaching dari pihak, untuk pembagiannya di bagi menjadi 3 putaran. Putaran pertama untuk mahasiswa PPL dari prodi P. Adp. Setelah selesai Micro Teaching baru mahasiswa di perbolehkan untuk mengajar di kelas. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Membuat Dokumen. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, Tanya jawab, Reciprocal Teaching (diskusi dengan cara berpasangan). Media yang digunakan adalah slide presentasi, modul, laptop dan whiteboard, spidol dan penghapus. Pada pertemuan terakhir mahasiswa juga memberikan evaluasi mengenai materi yang diberikan sekaligus sebagai nilai ulangan harian pertama siswa. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan- hambatan. Hambatan yang ditemui mahasiswa PPL adalah para siswa yang belum memiliki lks. Untuk mengatasi hambatan tersebut mahasiswa PPL memberikan soal latihan. Hambatan lain yang ditemui yaitu adanya agenda acara dalam rangka memperingahi HUT RI 70 sehingga mengurangi kegiatan belajar mengajar di kelas maka dari itu pada siswa dan mahasiswa PPL harus bersama mengejar materi agar sesuai dengan silabus agar dapat dilakukan evaluasi materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 May 2016 08:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33414

Actions (login required)

View Item View Item