PENGEMBANGAN APLIKASI "BELAJAR IPS V.1.0" PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SUB TEMA HASIL KEBUDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA LALU

Riyanto, . (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI "BELAJAR IPS V.1.0" PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SUB TEMA HASIL KEBUDAYAAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA LALU. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 11416244002.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengembangkan aplikasi “Belajar IPS v.1.0” yang layak pada smartphone android sebagai sumber belajar IPS sub tema hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa lalu; dan 2) mengetahui kelayakan aplikasi “Belajar IPS v.1.0” melalui tahap validasi ahli materi, ahli media, guru IPS serta tanggapan dari siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), yang mengacu pada model pengembangan Sugiyono yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain Produk; 4) validasi desain, 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian; 9) Revisi Akhir/Penyempurnaan Produk; 10) produk akhir. Subjek penelitian adalah 34 orang siswa SMP N 15 Yogyakarta kelas VII A. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, guru IPS dan lembar angket penilaian untuk siswa. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) hasil pengembangan berupa sumber belajar berbasis android bernama “Belajar IPS versi.1.0” sub tema hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa praaksara.; 2) secara umum sumber belajar berupa aplikasi “Belajar IPS v.1.0” berbasis android dinyatakan layak dengan hasil akhir yaitu a) validasi ahli materi yakni 3,64 dengan kategori “Baik”, b) validasi ahli media yakni 3,55 dengan kategori “Baik”, c) validasi guru yakni 4,75 dengan kategori “Sangat Baik. d) uji coba produk (kelompok kecil) dikategorikan “Baik” dengan rata-rata skor 3,84, serta e) hasil uji coba pemakaian (kelompok besar) dikategorikan “Baik” dengan rata-rata skor 3,88. Berdasarkan hasil tesebut, dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Belajar IPS v.1.0” sub sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 26 May 2016 03:18
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33407

Actions (login required)

View Item View Item