Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 2 Kalasan

Risnanto, Rasyid (2016) Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 2 Kalasan. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241039.swf - Published Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan pendidikan lingkungan hidup pada sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 2 Kalasan; 2) Faktor penghambat dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup pada sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 2 Kalasan; 3) Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup pada sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2015 sampai dengan bulan April 2016. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, komite sekolah, pegawai, guru, dan peserta didik di SMP Negeri 2 Kalasan. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 2 Kalasan diterapkan dengan baik. Strategi yang digunakan adalah dengan pendekatan integratif dan pendekatan infusi. SMP Negeri 2 Kalasan menerapkan model keteladanan, pengajaran, dan penguatan lingkungan dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup. SMP Negeri 2 Kalasan telah memenuhi komponen dan standar Adiwiyata dengan baik dalam menerapkan pendidikan lingkungan hidup; 2) Faktor penghambat dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 2 Kalasan adalah tidak semua materi dalam setiap mata pelajaran dapat diintegrasikan dengan pendidikan lingkungan hidup, pembentukan budaya peduli dan berwawasan lingkungan yang sulit di awal tahun ajaran, komitmen dan kontinuitas yang selalu berubah-ubah karena setiap individu mempunyai komitmen yang fluktuatif, faktor alam yang dapat merusak fasilitas dan sarana prasarana pendidikan lingkungan hidup, serta adanya perbedaan persepsi antarsiswa maupun antarguru dalam pengelolaan sarana prasarana yang ramah lingkungan; dan 3) Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 2 Kalasan adalah lokasi yang tepat untuk menerapkan pendidikan lingkungan hidup, dukungan dari pihak-pihak terkait, kerja sama dan kekeluargaan semua warga sekolah, serta sarana prasarana yang lengkap dalam menyelenggarakan pendidikan lingkungan hidup. Kata Kunci: Pendidikan Lingkungan Hidup, Adiwiyata, SMP Negeri 2 Kalasan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 26 May 2016 03:15
Last Modified: 30 Jan 2019 09:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33405

Actions (login required)

View Item View Item