LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten

Lia Yulia, Lia Yulia (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 KLATEN Jalan Mataram 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lia Yulia_12402241004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 10 Juli sampai dengan 11 September 2015 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran disekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalamannya tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di SMK Negeri 4 Klaten. Kelompok PPL di lokasi tersebut terdiri dari 12 mahasiswa, 2 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, 2 Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5 Program Studi Administrasi Perkantoran, dan 3 Program StudiAkuntansi. Praktik mengajar dilaksanakan dari tanggal 10 Agustus sampai dengan 11 September, sebanyak 2 pertemuan di kelas XI AP1, 2 pertemuan XI AP 2, dan 4 pertemuan di kelas XI AP 3. Mata pelajaran yang diajarkan adalah Mengelola Sistem Arsip, meliputi pengertian dokumen dan dokumentasi, perbedaan dokumen dan dokumentasi, jenis dokumen, peran dokumentasi, ruang lingkup dokumentasi, tugas dokumentasi, bahan dokumentasi, pengertian arsip dan kearsipan, serta jenisjenis arsip. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah Cooperative Learning tipe STAD. Langkah pembelajaran dimulai dari guru menjelaskan sedikit tentang materi yang dipelajari pada pertemuan tersebut, selanjutnya siswa berkelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 5 sampai 6 orang. Setiap kelompok memiliki ketua kelompok yang bertugas untuk memahamkan materi yang telah dijelaskan kepada semua anggota kelompok, kemudian diakhir pembelajaran diadakan kuis untuk menguji pemahaman semua siswa terhadap materi yang dipelajari pada pertemuan tersebut. Kelompok yang menjadi pemenang dalam kuis mendapatkan reward. Media yang digunakan adalah slide presentasi, modul, laptop dan whiteboard. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya tetap ditemui hambatan- hambatan. Hambatan yang dihadapi hanya pada peraturan dari sekolah yang harus observasi terlebih dahulu sebelum mengajar dikelas sehingga waktu pertemuan dikelas hanya dua sampai tiga pertemuan. Solusi dari hambatan tersebut dengan mengikuti pembelajaran dikelas yang diampu oleh mahasiswa se-jurusan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, AP, SMK Negeri 4 Klaten.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 May 2016 03:14
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33397

Actions (login required)

View Item View Item